meningkatkan-kepemimpinan-dalam-pertanian-berkelanjutan-sertifikasi-supervisor-penyuluh-pertanian

"Meningkatkan Kepemimpinan dalam Pertanian Berkelanjutan" Sertifikasi Supervisor Penyuluh Pertanian

Kegiatan sertifikasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 12 April 2023, bertepatan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP Nusantara - Tasikmalaya. Pada hari yang ditentukan, supervisor penyuluh pertanian mengikuti program  uji kompetensi guna untuk mengukur pemahaman peserta terkait aspek-aspek penting dalam bidang penyuluhan pertanian .

TUK LSP Nusantara - Tasikmalaya dipilih sebagai tempat pelaksanaan sertifikasi karena reputasinya yang kuat dalam menyelenggarakan uji kompetensi  serta Fasilitas modern dan lingkungan yang kondusif di TUK tersebut memungkinkan para peserta mendapatkan pengalaman yang optimal selama proses sertifikasi.

Pada pagi hari, peserta sertifikasi tiba di TUK dan disambut oleh tim panitia yang terdiri dari instruktur ahli dan staf administrasi. Mereka diberikan panduan lengkap tentang jadwal kegiatan, prosedur evaluasi, dan persyaratan yang harus dipenuhi. Setelah registrasi selesai, sesi ujikompetensi dimulai.

selama beberapa jam peserta menjalani uji kompetensi yang mencakup pertanyaan teori dan uji keterampilan praktis. Mereka menunjukkan kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan tentang pertanian berkelanjutan, penggunaan teknologi pertanian, serta kemampuan memimpin dan berkomunikasi dengan petani.

Proses evaluasi dilakukan dengan cermat dan objektif oleh tim penilai yang telah ditunjuk. Mereka mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan untuk menilai kemampuan peserta. Setelah semua peserta menyelesaikan uji kompetensi, hasilnya akan dievaluasi dan disampaikan kepada peserta dalam waktu yang ditentukan.

Kegiatan sertifikasi ini berlangsung dengan lancar dan menjadi momentum penting dalam pengembangan karir para supervisor penyuluh pertanian. Peserta meninggalkan TUK dengan pengalaman berharga, pengetahuan yang diperluas, dan keyakinan diri untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pertanian berkelanjutan di daerah masing-masing.